Pages

Thursday, 1 October 2009

Install Windows XP lewat USB Flashdisk

Dunia ini memang luas dan penuh dengan ilmu pengetahuan, ternyata gak hanya linux ubuntu yang pernah saya coba install dari usb flashdisk. Sistem operasi seperti windows juga bisa diinstall lewat usb. Ilmu ini saya dapat beberapa waktu yang lalu saat keponakan saya minta diinstallkan laptopnya, yang lagi ngetrend itu lho, laptop yang gak ada CD ROOM nya itu lho, karena banyak temen yang tanya maka saya akan memberikan sedikit tutorial dan semoga bermanfaat..

Langkah-langkah pembuatannya :
  1. Siapkan CD installer (untuk seri laptop/kompi yang sudah pake HD SATA harus ditambah driver SATA sesuai seri yang diminta, bisa di lihat disini atau download disini versi lengkapnya).
  2. Setelah itu download juga software ini untuk membuat module pada flashdisk anda.
  3. Setelah selesai download, extract file teresbut, jangan lupa tancapkan dulu usb flashdisk anda pada komputer/laptop anda (saya sarankan menggukanan flashdisk dengan kapasitas 2GB atau lebih) dan jalankan file dengan nama usb_prep8.cmd
  4. Setelah dijalankan akan muncul tampilan command prompt berisi macam-macam perintah. Jika sudah muncul tulisan “Press any key to continue,” tekan sembarang tombol untuk konfirmasi dan melanjutkan proses.
  5. Di layar akan muncul jendela PEtoUSB yang meminta Anda memformat USB flash disk Anda. Tak perlu mengubah setting apa pun, langsung klik Start untuk mulai proses format flashdisk anda.
  6. Jika proses formatsudah selesai, tutup jendela PEtoUSB (jangan menutup jendela Command Prompt yang tadi terbuka ketika Anda menjalankan usb_prep8.cmd), maka di layar akan muncul opsi-opsi dari 0 hingga 5 masih dalam bentuk jendela command prompt.
  7. Masukkan/pilih opsi 1 kemudian tekan enter untuk memilih sumber file instalasi yang nantinya akan disalin/dibuat menjadi modul ke flash disk. Disini, tentukan di drive mana Anda menyimpan instalasi Windows XP. Pilih saja optical drive di mana sudah ada CD Windows XP di dalamnya, atau pilih folder pilihan Anda jika Anda telah menyalin file instalasi Windows XP ke folder tertentu, namum akan lebih aman jika menggunakan optical drive tetepi keputusan menggunakan yang mana itu terserah anda.
  8. Masukkan/pilih opsi 3 kemudian tekan enter untuk menentukan di mana Anda mencolok flash disk anda. Kalau flash disk Anda berada di drive F:, maka ketik F dan tekan ENTER. Jika drive G: maka ketik G dan tekan ENTER, begitu seterusnya berlaku untuk drive lain.
  9. Selanjutnya masukkan/pilih opsi 4 lalu tekan enter untuk mulai proses pembuatan modul instalasi yang nantinya akan disalin ke flash disk secara otomatis. Jawab apa pun konfirmasi yang muncul dengan Y atau YES atau OK atau bentuk persetujuan lainnya.
  10. Tunggu proses sampai selesai, akan ada beberapa konfirmasi dan pertanyaan..cermati pertanyaannya (kalau mengerti maksudnya, kalau gak ya udah tekan yes, ok, atau bentuk persetujuan lainnya, beres deh).
  11. Setting bios untuk bisa boot lewat usb, buat kompi/lepi yang gak bisa boot lewat usb ya udah anda belum beruntung, cari korban lepi/kompi milik temen anda untuk mencoba tutorial ini.
Demikian sedikit tutorialnya semoga bermanfaat, oiya hampir lupa, untuk beberapa flashdisk ada yang gak bisa diajak kerjasama, misal dalam proses pembuatan modul sukses tapi gak bisa buat nginstall, ya udah solusinya ganti flashdisk yang lain..

Tutorial terebut sukses saya terapkan pada acer aspire one D250 dengan Windows XP yang sudah ditambah driver SATA AHCI 8.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment